3 Sedekah Ini Dianggap Sepele. Namun, Mampu Membawa Ke Surga

Allah memang baik. Menciptakan segala hal penuh dengan rahmat. Apa pun yang kita lakukan dengan ikhlas akan menjadi ladang sedekah dan pahala. Sedekah adalah ibadah yang paling ringan dan akan memberi manfaat untuk orang lain. Terlebih jika kita ikhlas, maka pahala akan kita dapat berlipat-lipat.



Allah tidak pernah memberi patokan tentang seberapa besar nominal yang wajib kita sedekahkan. Tidak pula membatasi kepada siapa kita memberikannya, tapi ada baiknya jika berupa materi diperuntukkan untuk kaum yang membutuhkan. Selain sapat pahala kita dapat melihat senyum tulus dari yang menerima sedekah kita. Lalu, Allah memberi kita bonus berupa pahala. MasyaAllah ...

Di bawah ini ada 3 jenis sedekah, di mana seringkali kita mengabaikan karena terlaly ringan. Padahal, Allah telah mengatakan kebaikan sebiji sawi pun akan diperhitungkan.

1. Sedekah jariyah

Adalah sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya buah manis masih akan dirasakan si pesedekah hingga ia wafat. Sedekah ini bisa berupa: ikut mewakafkan sebagian dana kita untuk pembangunan masjid, jalan hingga yang lainnya.

"Rasulullah bersabda, Jika seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak (sholeh) yang mendoakan orangtuanya."

2. Sedekah  yang dilakukan secara tersembunyi

Allah sudah melarang hamba-nya untuk tidak riya(pamer) tidak juga menggenbor-gemborkan perihal kebaikan kita pada orang lain. Karena sebaik-baiknya sedekah adalah yang dilakukan secara tersembunyi. Cukuplah Allah yang tahu, dan cukup Allah untuk mereka yang bersedekah.

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudia mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti perasaan (si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Allah." (QS:02:262)

3. Sedekah  kepada kerabat

Ketahuilah, senyum adalah sedekah yang paling ringan dan paling mudah diaplikasikan. Namun, masih saja ada yang pelit senyum hanya karena belum saling mengenal. Pernah suatu hari si Fullani berjalan-jalan bersama anaknya, lalu ada seorang Bapak tua yang hendak menjual beras, si Fullani iba, karena dari sekian banyak orang tidak ada yang menggubrisnya. Hingga si Fullani mau membeli karena terenyuh alasan Bapak itu menjual beras untuk ongkos pulang ke rumahnya.

Fullani memberi uang hanya sebesar 10 ribu rupiah dan MasyaAallah, hanya dalam 24 jam, Fullani mendapat tawaran kerja dengan nominal 10x lipat dari uang yang ia berikan.

Nyatanya, sedekah memang amal yang paling mudah. Namun, terasa berat untuk jiwa-jiwa yang tidak ikhlas. Jima ditelaah, sedekah adalah ladang pahala yang ada di mana saja dan kapan saja. Membantu ayam yang tercebur ke got pun sudah termasuk pahala, apalagi jika sedekah jariyah yang notabene memberikan sebagian harta di jalan Allah.

 "Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim." (HR. AT-Tirmidzi)

Selagi napas masih dikerongkongan, selagi kaki masih mampu berpijak. Selama udara masih bebas keluar masuk paru-paru. Mari kita manfaatkan dengan berburu sedekah dan mencari bekal untuk ke akhirat.

Sejatinya semua sedekah itu ringan, tinggal hati kita yang ikhlas atau tidaknya. Karena jika tanpa rasa ikhlas seberapa besar pun sedekah yang kita keluarkan akan terasa sia-sia.

No comments