5 Cara Mengatur Uang THR Agar Tak Habis Dalam Sekejap

Aku ingin ini itu banyak sekali ...



Menjelang lebaran, hal yang paling ditunggu tentu saja saat menantikan THR atau Tunjangan Hari Raya. Bahkan, sebelum menerimanya kita sudah merancang dan mengatur uang THR akan kita gunakan untuk apa saja nantinya. Tak salah, karena momentumnya memang pas dengan hari raya. Di mana, semua cenderung serba baru.

Namun, jika menuruti hasrat belanja yang tidak ada habisnya apalagi jika ada diskon gila-gilaan, maka uang itu akan habis dalam sekejap. Rancangan mengatur uang THR yang dibuat jauh-jauh hari pun seakan tak berguna. Untuk itu, ubah mindset kita. Bukan untuk kita belanjakan apa. Melainkan akan kita simpan berapa? Lalu belanja berapa? Niscaya, uangmu akan tetap tersisa dan barang-barangmu juga terbeli.

Sesuai namanya THR harusnya dimanfaatkan sesuai waktunya yakni saat Lebaran tiba. Prioritaskan untuk hal-hal yang memang sangat diperlukan seperti membeli tiket lebaran untuk pulang kampung misalnya. Berikut adalah tips sederhana agar uang THR tertata dan tidak habis dalam sekejap.

1. Rencanakan

Ya, yang harus kita lakukan adalah mengatur dan mencatat apa saja yang hendak kita beli. Utamakan yang penting, misalkan memberi beberapa kue untuk jamuan, membeli pakaian jika tak punya atau membelikan hadiah untuk orang tua kita. 



2. Sisihkan sebelum belanja

Ada baiknya kita juga belajar menahan diri. Sebelum benar-benar memutuskan untuk berbelanja ada baiknya kamu sisihkan beberapa persen untuk mengisi saldo rekening. Fungsinya adalah untuk berjaga-jaga bilamana suatu saat ada kebutuhan mendesak dan kita tidak akan repot mencari pinjaman ke sana ke sini.

3. Bayar hutang!

Ini adalah salah satu cara menghemat pengeluaran, dengan membayar beberapa cicilan dan hutang maka pengeluaranmu mendatang akan terkendali. Manfaatkan masa menerima uang dengan menutup beberapa tunggakan. 

Tetapi, jika kamu tidak punya tunggakan hutang, maka ada baiknya menyisihkan beberapa persen untuk simpanan dana darurat. Keuntungannya adalah saat ada anggaran tak terduga kita tidak akan kalang kabut.


4. Langsung transfer lagi

Jika kamu berniat menghabiskan waktu cuti Lebaran di kampung halaman. Maka ada baiknya langsung kirim balik ke keluargamu. Dengan begitu tidak akan ada lagi lapar mata karena melihat diskonan, tidak akan ada lagi tarik tunai untuk belanja hal yang tak perlu.

5. Pakai yang lama dan uang investasikan

Ada baiknya sebelum berbelanja baju baru, kamu lihat-lihat lagi isi lemari. Cari baju Lebaranmu yang lama. Lihat, jika masih bagus dan layak digunakan apalagi jika baru dipakai satu kali maka ada baiknya gunakan saja yang itu. Simpan uang atau investasikan dengan membeli perhiasan atau ditabung. 


Jika kita cerdas dan jeli saat mengatur uang THR, maka uang itu akan bisa kita gunakan untuk hal berfaedah lain. Karena tak dipungkiri, saat pulang ke kampung halaman, para keponakan akan segera menyerbu kita dan siap meminta angpau dan hadiah-hadiah kecil. Jangan sampai mengecewakan sanak saudara dengan mebghabiskan tunjangan harinrayamu sehingga lupa memberi sedekah dan uang fitrah untuk keponakan. Selamat mengatur daftar belanja, Dears.


No comments