6 Amalan dan Berkah Ramadan yang Jarang Diketahui, Sudah Tahukah?

Setiap amalan manusia terselip sebuah berkah. Begitupun di bulan suci ini. Sudahkah kita tahu berkah ramadan apa yang kita dapat?




Ramadan sudah berjalan beberapa hari, nikmatnya begitu terasa di hati. Terlebih menjelang sahur dan berbuka. Tak dipungkiri, Ramadan adalah bulan suci yang paling dinantikan umat Islam di mana pun. Karena di bulan ini, segala amal perbuatan kita menjadi ibadah. Tidurnya orang puasa pun menjadi ibadah, maka tidak salah jika berkah ramadan ini begitu istimewa bagi umat muslim.


Begitu banyak amalan yang dianjurkan selama berpuasa. Tujuannya tidak lain karena untuk memperoleh berkah ramadan yang begitu menggiurkan. Pahala yang berlipat-lipat, pengampunan dosa dan kebaikan lain akan ada di bulan nan suci ini. Bahkan di antara malam-malam lain, terdapat satu malam yang begitu istimewa dan yang paling dinantikan seluruh umat.

Adalah malam Lailatul Qodar, malam terbaik dari seribu bulan. Di mana, malam ini menjadi waktu turunnya alquran ke bumi.

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami. (Qs. surat Ad-Dukhan ayat 3-5)

Lalu, berkah ramadan apa lagi yang akan didapatkan selama bulan ini berlangsung? Berikut ulasannya:

1.  Wajib diketahui, bahwa puasa Ramadan merupakan salah satu penyebab terampuninya dosa-dosa dan terhapusnya berbagai kesalahan.


2. Di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul Qadar. Namun mengenai hal ini akan dibahas secara khusus dan tersendiri pada bab selanjutnya. 

3. Lalu, di ramadan ini, umat muslim mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus yakni; kebahagiaan sahur dan berbuka.

4. Di bulan ramadan, segala amal salih kita diganjar dengan pahala berlipat ganda. Bulan di mana, seluruh pengampunan diijabah. 

5. Seseorang yang berpuasa memilikindoa yang mustajab. Maka dari itu, saat berbuka adalah salah satu orang yang doanya di mustajab. Oleh karena itu, berdoalah untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, bangsa, dan seluruh umat Islam.

6. Perbanyak amal kebaikan maka akan berbalas berlipat kebaikan. Bulan ramadan merupakan peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah jumlah pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaki dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib ini senilai 70 amalan wajib di luar ramadan. 

Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah mewajibkan atas kalian berpuasa. Pintu langit dibuka dan pintu neraka ditutup.” (HR. An-naasai)

Sederhana, tapi jarang diketahui segelintir orang. Hadirnya ramadan, sungguh sangat menjadikan momentum yang pas untuk umat muslim. Terlebih untuk membersihkan diri dari segala noda dan dosa yang menempel. Ibarat sebuah pakaian, setiap hari dipakai dan digunakan meskipun tidak terkena lumpur dan kotoran, tetap saja kita harus membersihkannya.   

Lantas bagaimana jika membiarkan kotoran itu tetap melekat?

Noda yang dibiarkan akan membekas dan cenderung sulit dihilangkan. Begitupun dengan dosa. Membekas dan berkarat di hati. Solusinya adalah, taubat dan berpuasa. Karena dengan berpuasa segala nafsu akan terkontrol. Ini adalah salah satu berkah ramadan yang hadir tanpa kita sadari. 

Demikian beberapa ulasan tentang berkah ramadan yang terkadang tak kita sadari. Namun, sejatinya berpuasa dengan hati ikhlas lah yang benar-benar mendatangkan keberkahan itu sendiri. Marhaban Ya Ramadan.





2 comments:

  1. Seneng ya masih diberikan umur di bulan Ramadan tahun ini. Semoga semua hal yang kita perbuat menjadi pahala, Amiiin

    ReplyDelete