Inilah 5 Hal yang Akan Dirindukan Dari Ramadan. Nomor 3 Akan Sangat Berkesan!

Ramadan sudah berjalan separuh bulan, tanda-tanda kepergian bulan suci sudah semakin kentara. Atribut mudik, sale menjelang lebaran, info-info mudik pun sudah bersliweran di mana-mana. Namun, di antara semuanya akan ada hal yang dirindukan dari ramadan, di mana tidak akan kita temui di mana pun.



Berikut adalah beberapa hal yang akan dirindukan dari ramadan versi penulis:

1. Ronda pengingat sahur

Ini adalah momen seru dan unik. Di mana, warga dan anak-anak berkeliling kampung membangunkan warga untuk sahur. Seperti yang kita ketahui, bagun di sepertiga malam adalah hal yang paling sulit untuk sebagian orang. Namun, adanya sekumpulan orang yang berkeliling ini membuat kita lebih mudah terbangun. Waktu sahur sendiri wajib dilaksanakan, karena dari sini awal kita berpuasa.

2. Hadirnya pedagang takjil dadakan

Ngabuburit ke mana pun pasti kita akan menjumpai yang namanya takjil. Umunya mereka yang berjualan adalah pedagang musiman selama Ramadan saja. Maka, jika memang berniat menghabiskan waktu senja di luar sedia budget lebih. Karena, aneka takjil akan siap menggoda seakan meminta kita untuk membelinya. Wahh seru kan saat-saat berburu takjil seperti ini, Dear.

3. Buka bersama

Ini adalah hal yang paling ditunggu, berbuka puasa dengan rekan sejawat atau rekan sekolah dahulu. Seperti halnya kemarin saat sekumpulan penulis dan editor yang mengadakan acara buka bersama di sebuah pusat perbelanjaan. Mereka yang awalnya hanya kenal dan chit chat melalui dunia maya saja akhirnya bertemu dan saling bertegur sapa. Maka, tidak ada salahnya jika buka bersama adalah momen yang paling dinantikan dan dirindukan di setiap Ramadan.



4. Masjid yang mendadak penuh jamaah

Zaman sekarang, masjid semakin megah di mana pun. Namun, semakin jarang orang memasukinya. Di bulan penuh rahmat ini, rumah Allah kembali dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan ibadah Salat Tarawih. Ini adalah momen yang akan dirindukan juga saat Ramadan. Tarawih bersama teman, mengumpulkan pahala serta meramaikan masjid. Dapat senangnya dapat pahalanya.

5. Acara Tv saat sahur

Tak hanya penjual takjil yang menjadi sorotan. Acara-acara di televisi pun saat sahur wajib diperhitungkan. Mendadak semua chanel televisi menayangkan acara khusus sahur, entah itu sitkom, sinetron Ramadan, kuis atau kisah-kisah Nabi. Namun, yang paling dirindukan selama Ramadan adalah acara berbagai kisah perjalanan Nabi. Banyak sekali info dan pelajaran yang akan kita petik daripada sekadar sitkom dll.


Sebenarnya, ada banyak hal yang akan dirindukan saat Ramadan. Karena, di bulan penuh rahmat ini semuanya serba limited edition. Tidak akan kita jumpai lagi di bulan berikutnya. Yang bikin sesak, belum tentu kita akan bertemu lagi dengan bulan Ramdan di tahun berikutnya. Berdoa pada Aallah, agar kita bisa bertemu lagi dengan bulan penuh ampunan ini di tahun-tahun berikutnya.



Ramadanku akan pergi
Meninggalkan kesan penuh arti
Dia pernah berkata, "Berdoalah kepada Allah agar kita bertemu lagi."
Bisakah Ramadan lebih lama lagi?

Manfaatkan waktu sebaik mungkin, beramal lebih kencang lagi, beribadah lebih giat lagi, berdoa lebih khusyuk lagi, karena bulan ini semua pahala berkali lipat, mohon ampunan karena Allah maha pengampun.

Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat.[al-Bukhâri dan Muslim]

No comments