Sederhana, Ini Dia 5 Menu Favorit Berbuka Puasa Khas Indonesia!

Berbicara soal kuliner dan Indonesia mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat, Indonesia begitu kaya akan rempah. Tak heran jika setiap makanannya selalu kaya akan rempah dan rasa yang begitu menggoda lidah. Usut punya usut, di setiap daerah di Indonesia selalu mempunyai makanan khas tersendiri. Termasuk menu favorit berbuka puasa.



Ramadan sendiri selalu identik dengan kudapan-kudapan manis, karena sesuai anjuran "berbukalah dengan yang manis." Bukan hanya di berbagai negara saja yang memiliki makanan khas saat bulan puasa. Indonesia pun banyak menyimpan makanan yang di khas-kan menjadi kudapan wajib berbuka. Aneka kolak, kue basah, cake dll. Lantas, apa sih menu favorite berbuka puasa di setiap penjuru Indonesia, berikut ulasannya.


1. Bubur Kampiun-Minangkabau

Bubur ayam, bubur kacang ijo, bubur sumsum pasti sudah enggak asing lagi buat pecinta makan. Menu wajib sarapan untuk sebagian orang. Namun, pernahkan mencicipi bubur khas Mibangkabau?

Bubur kampiun, memiliki isi yang begitu komplit yakni ada candil, kolak ubi, bubur sumsum, bubur delima dan ketan hitam. Semua berbaur menjadi satu kesatuan, siap memanjakan siapa pun pecinta makanan manis.

2. Pakat-Tapanuli






Selama bulan Ramadan kita bisa menemui pakat di kota Medan. Pakat adalah kudapan tradisi khas masyarakat Tapanuli. Makanan yang bahan asli rotan muda ini disajikan dengam cara dibakar dan dibumbui dengan kuah santan. Masyarakat biasanya menjadikan rotan muda ini sebagai takjil atau makanan penutup sesudah makan berat. Wah, rotan selain menjadi karya tangan bisa jadi makanan enak juga ya, Dears.  

3. Gorengan

Siapa yang tak suka jenis makanan ini. Hampir di setiap daerah makanan berminyak ini wajib selalu ada. Memiliki rasa gurih, renyah dan tersedia dalam beberapa pilihan ini menjadi kudapan pertama yang diburu jika hendak berbuka puasa. Selain murah dan terdapat di mana saja, gorengan nyatanya cocok juga dijadikan teman makan nasi. Namun, hati-hati untuk penderita kolestrol dan yang sesang diet. Gorengan bisa jadi musuh besarmu, lho.

4. Sate Susu-Bali

Sate memiliki banyak macam. Hampir di seluruh Indonesia memiliki sate khas tersendiri.


Sate susu merupakan menu wajib buka puasa khas dari pulau dewata. Di Bali sate susu ini sering jadi makanan yang dinantikan selama bulan puasa. Terbuat dari bagian susu sapi yang tentubya dibumbui dengan bumbu khas Bali. Seperti biasanya pedagang sate susu ini akan banyak ditemui di pasar-pasar kaget penjual makanan berbuka puasa.


5. Bakso

Makanan ini mungkin bukan ke-khas-an dari salah satu daerah. Namun, nyatanya bakso menjadi menu pertama yang diburu. Biasanya kedai bakso akan selalu dipadati pembeli di antara yang lain. Bahkan, jauh sebelum waktu berbuka tiba, mereka sudan antre loh. Makanan dengan aneka sayuran dan mie ini memang menjadi favorit. Terlebih baksonya, ditambah sedikit saos dan sambal pas rasanya jika kamu bosan dengan yang manis-manis.


Wah, mana nih menu favorit kalian? Apa pun itu, asalkan halal dan makan sesuai kadar boleh ya. Hindari makan secara berlebihan, selain dapat mengganggu sistem pencernaan ternyata terlalu berlebih-lebihan tidak baik lho! Selamat menjalankan ibadah puasa.

No comments