5 Cara Jitu Bisa Berbahasa Inggris. Nomor 3 Paling Mudah Dicoba!



Bahasa Inggris saat ini merupakan bahasa internasional. Kerap juga disebut sebagai bahasa komunikasi dunia. Hampir semua lapisan manusia secara tidak langsung mengakui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa umum yang wajib diketahui oleh siapa saja. Terlebih jika mereka adalah orang-orang yang memiliki intensitas komunikasi dengan negara lain.

Terkait bahasa, setiap negara bahkan daerah akan membanggakan bahasanya sendiri. Dan ini merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi. Ini merupakan bentuk nasionalisme sebagai warga negara. Tapi, bukan berarti kita menutup diri dari perkembangan zaman. Apalagi ini menyangkut perkembangan dunia. Karena, jika kita tidak ikut beradaptasi, sudah sangat jelas akan tertinggal sangat jauh.
Tidak perlu jauh-jauh. Beberapa daerah wisata di Indonesia seperti Bali, Labuan Bajo dan Raja Ampat harus mempersiapkan warganya setidaknya menguasai bahasa Inggris dasar. Ini tidak berarti kita melupakan bahasa sendiri. Bukan juga berarti kita memaksa para wisatawan untuk langsung pandai berbahasa Indonesia ketika hendak berkunjung ke tempat wisata di Indonesia.  Masing-masing dari kita harus belajar dan menjadikannya sebagai sebuah kebutuhan.

Agar kamu tidak stres, 5 cara jitu ini sangat direkomendasikan. Simak selengkapnya!


Nonton Film Asing
Ada tipe orang yang mudah menangkap sesuatu dari melihat. Orang-orang seperti ini biasanya dikategorikan sebagai orang-orang dengan kecerdasan visual. Mereka akan lebih mudah memahami sesuatu pada saat melihat. Maka, menonton film dengan sub title bahasa Inggris bisa menjadi salah satu media belajar yang cukup jitu dan mudah dilakukan.

Mendengarkan Musik
Ada berapa banyak orang yang tahu lagu bahasa Inggris hanya dengan mendengarkan? Tentu ini merupakan kecerdasan tersendiri. Kamu bisa meniru kebiasaan mendengarkan musik. Ganti dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. Semakin sering di dengar, maka akan semakin terekam di otak. Ini memungkin kamu untuk bisa mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris lebih cepat.

Ikut Kursus
Cara jitu selanjutnya adalah dengan meluangkan waktu belajar bahasa Inggris di tempat kursus. Saat ini sudah banyak tempat kursus bahasa Inggris yang berkualitas. Dari sana, ada banyak sekali yang bisa dipelajari. Mereka memiliki kurikulum belajar yang akan membantu kamu untuk cepat menguasai bahasa Inggris.



Gabung Komunitas
Sangat menyenangkan apabila kita bisa memiliki komunitas positif. Semakin berkembangnya dunia pendidikan, semakin melebar juga media belajar. Termasuk untuk belajar bahasa Inggris. Biasanya, komunitas seperti ini dibentuk oleh para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya. Karena mereka percaya bahwa ilmu jika di bagi akan bertambah.

Belajar Terjemahan
Cara jitu yang terakhir memang sedikit menguras pikiran dan waktu. Pasalnya, kamu harus meluangkan waktu memilih buku dan mencoba menerjemahkannya. Ini juga merupakan cara paling berat untuk dilakukan. Tapi, beberapa orang mengakui bahwa, mereka lebih bisa belajar dengan menemukan sendiri arti dari tulisan berbahasa Inggris dan langsung menghafalkannya.

Untuk belajar bahasa Inggris sama halnya dengan belajar yang lainnya. Kamu bisa menemukan sendiri metode belajar yang menurutmu paling sesuai. Tanpa harus mengikuti cara belajar orang lain. Hal yang paling utama dalam belajar bahasa Inggris yaitu mengetahui kata-kata dasarnya. Ini batu loncatan yang perlu dilalui sebelum bisa berkomunikasi dengan orang lain. Hal selanjutnya adalah lebih sering berlatih. Karena jika hanya belajar tanpa praktek, maka akan sia-sia. Apa yang dipelajari bisa saja lenyap begitu saja.

38 comments:

  1. Benar mba, kalau kita belajar lewat lagu gampang banget nangkepnya. Apalagi kalau lagu nya hits . bahasa inggris itu mudah kalau mau di pelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk anak-anak malah lebih efisien sih kalau pake lagu.

      Delete
  2. Dari SD aku suka bgt bljr bhs inggris, tp krna bljrnya stgh2 jadi smpe skrg pun msh gagap kalo harus terjemah teks yg kosakatanya rumit. Nonton film sm dengar musik berbahasa inggris menurutku paling seru, sekaligus menghibur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting udah ada dasar. Sisanya tinggal tingkatkan kosa kata aja.

      Delete
  3. setujuu..Waktu kecil suka penasaran sama arti dari lirik lagu barat. lama - lama tertarik baca novel bahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan.. sebenarnya gak rumit. Hanya saja, kita yang kurang kosa katanya.

      Delete
  4. Paling suka nonton drakor subtitle inggris. Hitung-hitung belajar juga kan, Bund. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyyaa.. bagusnya film2 action gitu. Kosa kata bahasa inggris yg digunakan yang paling umum. Jadi mudah di hafal dan praktek.

      Delete
  5. Awalnya saya suka dengar musik terus nonton film, terasa lebih seru dan lebih mudah diingat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. ini metode menghafal paling cepat sih.

      Delete
  6. Belajar lebih serius sama kursus kayaknya kalau saya. Kadang nonton film asing cuman tahu dikit aja, sih.hehe ... lewat lagu lumayan juga, nambah dikit-dikit kosakata

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah ikut kursus 3 bulan. alhamdulillah membekas sampai sekarang. kurangnya cuma vocabulari aja.

      Delete
  7. Cari film dengan subtitle Inggris koq agak susah ya mba.. hampir semua yg tayang di tv baik tv umum atau tv kabel subtitle nya bahasa Indonesia.

    Kalau written masih lumayan bisa, giliran listening saya ambyaar nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari chanel luar aja mbak. kalau pakr indihome pasti banyak pilihan.

      Delete
  8. Wah, jujur saya lancar berbahasa inggris karena mendengarkan musik. Film atau program TV kayanya nomor 2. Memang benar mba. Hal-hal ini memang jitu biar jago bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. musik membantu untuk kepekaan kita terhadap bahasa yg di ucapkan. karena ada bbrpa kata yang penyebutannya mirip tapi punya arti yang beda dan bahkan tulisannya jg ada yg sdkit beda.

      Delete
  9. ikut kursus termasuk kursus online itu berpengaruh banyak untuk bisa berbahasa inggris hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah sih ikut kursus online. Mbak irena sudah pernah coba? mau nyoba cuma takutnya gak efektif. Kan harus praktek percakapa juga.

      Delete
  10. Jaman SMP dulu pertama kali kenal bahasa inggris ini, dan langsung jatuh cinta. Justru saya gak pake kursus mbak waktu itu, banyak denger lagu terus saya terjemahkan kata per kata, secara dulu belum jaman google translate kan ya,xiixiii. Tapi dari kegiatan rutin itu ternyata bikin kemampuan berbahasa inggris bertambah. Barulah kursus itu ketika kuliah, karena pengen menguatkan grammarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kece mbak. Soal penyusunan kalimatnya kayaknya gak rumit. aku kursus buat pahami itu doang. sisanya tinggal gimana kita tambah terus kosa kata. Kalaubgak punya kosa kata yg cukup ya gal bisa ngomong.

      Delete
  11. gak ada kata terlambat jika ingin belajar, ikut kursus emang lebih praktis, tapi harus cari tempat yang benar-benar mendukung, materinya juga gak cuma sekedar belajar grammar saja tapi harus yang ada conversation nya biar lebih terlatih tuk speakingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener. teori aja kadang kurang efektif. Selengkap apapun tanpa praktek hasilnya nihil. Yang ada tau maksdnya tp gak bisa ngejawab. heheh

      Delete
  12. Cara jitu no. 1, 2, 3 dan 4 sudah dijalani semua Mbak, bahkan no 5 juga sudah meski formatnya artikel sih hehe... buku kal ya Mbak Ayu, biar agak lama nerjemahinnya hehe. Tfs Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kece mbak. udah bisa buka tempat kursus nih kayaknya.

      Delete
  13. Kalau aku lebih cepet ikutan kursus, nonton film bahasa inggris membantu untuk memperkaya vocab, tapi buat PD ngomong ini yang belum. Kalau aku yaa.. Lebih cepet kursus, entah kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. aku jg setujuh sih. krn kalau kursus kita langsung praktek ngomongnya.

      Delete
  14. Aku paling suka kursus. Dan cari kursusnya itu yang sama native. Basic dah kuat, baru nguatin pronounce sama banyakin expresaion lewat film dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ranti udah pernah ikutan kursus bhs inggris juga?

      Delete
  15. English kalau gak dipraktekin jadi sering lupa. Tipsnya bagus. Baca buku novel english juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak. Penting banget punya teman yg bisa di ajak belajar bareng sih. Biar ilmunya gak terpendam begitu aja.

      Delete
  16. Makasih banyak tipsnya mbak, memang ya belajar tapi kalau gak sering praktek bisa kagok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Bagusnya cari teman yg juga sefrekuensi. Mau belajar bareng.

      Delete
  17. Kalau aku banyakan lewat musik dan film Mbak belajarnya. Tapi emmang nomor satu harus dipraktekkin juga. Pengalaman aku pernah tinggal 2 tahun di Amerika dan lumayan ngeh Inggrisnya karena kelamaan dianggurian jadi belepotan dan enggak pede sekarang hika..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa... kapan2 cerita dong mbak, gimana caranya beradaptasi di sana dengan bahasa inggris yg pas2an. siapa tau besok lusa bisa ke luar negeri. aamiin

      Delete
  18. Hihi saya termasuk yang agak sulit belajar bahasa Inggris. Sepertinya karena sugesti juga sejak SMP nggak suka. Terima kasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada penolakan dari sendiri mmng susah paham sih mbak. Hehe

      Delete
  19. Dari kesemuanya, yang belum pernah aku coba cuma satu mba, bergabung dalam komunitas bahasa Inggris. Jaman dulu ketika kuliah ada juga sih rekan yang mengajak gabung dalam English club' gitu, tapi waktu itu saya lebih tertarik sama komputasi dan Geofisika..hehe..sekarang kayaknya perlu belajar bahasa Inggris lagi nih biar gak lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya tahu dasarnya mbak. Walaupun terbata-bata. Karena makin berkembang kita perlu tahu bahasa lain selain bahasa indonesia. Apalagi untuk orang-orang yang lingkupnya dengan orng banyak dan orang dari luar

      Delete