Korban Makin Bertambah, Kamu Harus Lakukan Ini Untuk Mencegah Virus Corona

sumber gambar: kigalireport.com

Semenjak akhir Desember 2019, kita telah dihebohkan oleh adanya pemberitaan terkait virus Corona. Virus ini pertama kali menginfeksi masyarakat di Wuhan- Cina. Penyebarannya terbilang cepat hingga ke berbagai negara lainnya. Berbagai kegiatan dunia seperti turnamen dan beberapa agenda lainnya dihentikan sementara atau bahkan dibatalkan. Hal ini untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona.

Perlu diketahui bahwa virus ini menyerang kekebalan tubuh manusia. Gejalanya mirip sekali dengan penderita flu biasa. Oleh sebab itu, kita perlu ekstra waspada menyikapi segala tanda dalam diri sendiri. Virus ini dapat menyerang siapa saja. Baik bayi, balita, anak-anak bahkan orang dewasa. Penularannya juga beragam. Bisa melalui kuman-kuman yang menempel di barang, badan sendiri atau interaksi dengan orang yang terpapar virus Corona.

Virus ini bisa menyebabkan flu ringan, pneumonia, MERS sera SARS. Pastikan kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap berada dalam kondisi yang prima. Karena gejala virus corona sendiri hampir sulit dibedakan dengan gejala flu biasa. Yaitu sakit kepala, hidung berair atau meler, demam, batuk berdahak, sesak napas, pusing, serta nyeri pada dada. Apabila kamu merasa demam, batuk dan sesak napas, jangan disepelekan. Lakukan pencegahan dengan mendatangi puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk mencegah virus ini menular pada dirimu, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan serta kebersihan. Jangan menggunakan barang-barang secara bersamaan dengan orang lain. Pastikan sebelum berpindah tangan, barang tersebut bersih. Atau bisa dibersihkan terlebih dahulu. Rutin mencuci tangan dan gunakan hand sinitizer. Jika berada di keramaian, gunakanlah masker.

Masker memang untuk orang yang sakit. Tapi, untuk kasus ini, tidak ada salahnya kita juga menggunakan masker. Karena masih banyak diantara kita yang mengabaikan hal sepele. Sepeti bersin tidak menutup mulut dan hidung. Jika hal ini enggan diperhatikan oleh orang yang sakit, maka pencegahan bisa dilakukan oleh kita yang sehat.

Selain itu, ubahlah pola makan menjadi yang lebih sehat. Pastikan memakan makanan yang dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Konsumsi air yang cukup agar tidak mudah dehidrasi. Selanjutnya, kamu bisa menambah asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

Saat ini Indonesia memasuki fase panik. Pasalnya, dalam jeda beberapa hari saja,  pasien yang terpapar virus Corona bertambah. Hingga 11 Maret 2020 kemarin tercatat 34 pasien positif terpapar virus Corona. 2 diantaranya dinyatakan sembuh sementara ada 1 pasien yang dinyatakan meninggal. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencegah virus ini semakin meluas. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai edukasi terkait pencegahan virus ini.

32 comments:

  1. kemarin itu aku dapat insight dari TV swasta mengenai pencegahan dari virus corona ini dengan membukan handle atau gagang pintu tidak dengan tangan, tapi dengan siku hehe

    ReplyDelete
  2. Semoga kita terhindar, selamat dan sehat selalu.

    ReplyDelete
  3. Virus ini memang sangat mengerikan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menjauhkan kita dari serangan virus ini dan wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  4. Banyak hikmah dari wabah penyakit ini ya, setidaknya makin banyak yang peduli kebersihan.
    Semoga semua terlindungi dari wabah virus ini dan virusnya bisa segera ditaklukan dan berlalu, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. gka cuma soal kebersihan aja. yg dulunya jadi cibiran malah sekarang dilakuin. sperti tdk bersentuhan terutama yg bukan mahram. hehe

      Delete
  5. Berharap virus Corona ini cepat berlalu. Kita harus waspada memang udah banyak korban. Jaga kesehatan diri dan keluarga dulu yang utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. updatenya tiap hari makin banyak. angka kematian jauh lebih besar dari angka kessmbuhan.

      Delete
  6. Kalau aku jadi lebih aware dengan selalu minum air putih, tidur cukup, menutup bersin dan jaga gizi makanan. Semoga wabah ini segera lewat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mbak. baiknya bisa bantu sosialisasi ke orang terdekat jg.

      Delete
  7. setuju banget. dan yang paling penting adalah disiplin menghindari kerumunan dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg agak susah mungkin gak keluar rumah ya mbak. tp klo pada kompak dan disiplin, nampaknya bisa aja.

      Delete
  8. Betul Mbak.
    Kita memang perlu melakukan perlindungan diri dengan menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat supaya daya tahan tubuh terus kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. karena virus ini bisa nyerang sistem imun jg.

      Delete
  9. Semoga Indonesia segera terbebas dari wabah Virus Corona Disease-19 ini yaa Mba Ayu, serem ih baca berita ttg korban2nya. Tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak. makin hari makin bertambah. skrng aja udah 500an lebih

      Delete
  10. Semoga segera teratasi. Khawatir sekali, makin hari makin banyak korbannya. Dari tim Medis juga, setidaknya 4 dokter meninggal. Hanya mampu berusaha sebaik-baiknya dengan tidak ke luar rumah, jika tidak mendesak, menjaga daya tahan tubuh dan berdoa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak. kita bantu dengan isolasi diri sendiri dan keluarga.

      Delete
  11. Semoga Allah segera mengangkat virus ini. Karena benar-benar mengerikan dan membuat lumpuh perekonomian keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. iya mbak. banyak jg yg sdh mengeluh soal pendapatan harian mereka.

      Delete
  12. Saat ini korbannya sudah 400-an. So sad tapi harus tetap optimis. tetap jaga diri dan keluarga. Usahakan #dirumahsaja. Semoga musibah segera berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. per kemarin udah 514. tiap hari jumlahnya meningkat dan banyak.

      Delete
  13. yang pasti stay at home hehehe selain jaga kebersihan. Kalaupun harus keluar rumah cuma ke apotik atau ke pasar beli bahan makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. itupun harus ttp menjaga jarak dan gunakan masker, ya.

      Delete
  14. Makin kesini kondisi makin tak tentu. Tetap berdoa semoga wabah ini cepat berlalu.. terima kasih ulasannya mba, harus makin aware.. waspada, tetap ikhtiar... Bismillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. harus bisa melakukan pencegahan dari diri sendiri

      Delete
  15. Masker untuk 3 golongan ini mbak:
    1. Tenaga medis
    2. Orang sakit
    3. Orang-orang yang berpotensi, macam polisi, ojol, kasir supermarket, dll.

    Kasihan mereka kalau orang yang sehat macam kita pakai. Sekarang aja udah langka. Tenaga medis sampai meraung-raung butuh bantuan APD. Ya gara-gara ada yang nggak butuh-butuh banget pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. tapi sayangnya ada orang sakit yang gak mau pake masker. langkah baiknya, kita yang sehat mencegahnya dgn pakai masker. tapi dengan catatn tidak menimbun persediaan. Digunakan bila perlu aja.

      Delete
  16. Per hari ini sudah 500 yang terinfeksi Covid-19. Semoga semua segera berlalu, kondisi pulih lagi seperti semula. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Terimakasih infonya bu.. semoga bala di indonesia segera usai

    ReplyDelete