Inilah Ciri-ciri Kartu Grafis Terbaik untuk PC Gaming



Bagi pecinta dunia game, nampaknya grafis dari permainan adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, jika tampilan grafis yang disuguhkan memiliki kualitas baik, maka  bermain pun akan jadi lebih semangat. Terlebih lagi bagi Anda yang memang mengguti dunia game untuk turnamen atau hal serupa.

Apabila game memiliki spesifikasi yang tinggi, maka Anda sangat nembutuhkan kartu grafis. Meskipun memiliki komputer atau PC canggih untuk bermain, namun tidak adanya kartu grafis yang mumpuni. Maka, game akan sangat sulit untuk dijalankan dengan normal dan lancar. Kartu grafis atau nama lainnya ialah graphics card merupakan ekspansi untuk melakukan proses gambar yang nantinya ditampilkan lewat layar monitor.

Kartu grafis ini mengambil berbagai informasi yang ada pada CPU atau kepanjangan dari Central Processing Unit untuk mengubah gambar agar bisa ditampilkan. Walaupun PC melakukan proses dan juga pengolahan gambar 3D, akan tetapi dengan kartu grafis dapat melakukannya secara kompleks dan cepat. Jika Anda masih belum tahu apa saja yang harus dimiliki kartu grafis terbaik untuk PC gaming, kali ini sudah kami rangkum untuk Anda.

Ciri-ciri yang ada pada kartu grafis terbaik untuk PC!

GPU

Graphics Processing Unit atau GPU adalah hal yang harus dimiliki oleh kartu grafis modern terbaik. Kartu grafis sendiri memiliki 2 jenis, yakni yang berdiri sendiri maupun terintegrasi. Sehingga, kartu grafis yang baik harus memiliki GPU alias proses khusus yang memiliki tugas untuk mengolah gambar berdasar dari encoding yang digunakan. GPU sendiri dapat memproses gambar khususnya 3D. Untuk GPU sendiri bisa dikatakan bagian yang cukup penting dalam kartu grafis, sehingga gambar bisa terproses dengan baik.

Video Memori dan BIOS

Berikutnya yang juga harus dimiliki kartu grafis terbaik untuk PC gaming ialah video memori dan juga BIOS. Fungsinya sendiri ialah untuk menyimpan hasil dari gambar yang telah diproses oleh GPU sebelumnya. Kebanyakan dari kartu grafis sendiri sudah menggunakan DDR2, GDDR3, hingga GDDR5. Setelah itu, BIOS yang merupakan program Kecil untuk mengatur kartu grafis.

RAMDAC

Berikutnya ialah RAMDAC atau juga Random Access Memory Digital-to-analog Converter. Selain BIOS, RAMDAC ini juga ditujukan untuk mengatur kartu grafis. Namun, untuk lebih spesifiknya lagi ialah bertugas melakukan konversi gambar digital yang ada di frame buffer agar menjadi sinyal analog untuk dikirimkan ke monitor.

BUS Interface

Merupakan slot yang ada pada motherboard sebagai penghubung ke motherboard itu sendiri. Kartu grafis terbaik untuk PC gaming biasanya menggunakan BUS interface jenis PCI-Express. Di mana model lama dari kartu grafis sebelumnya menggunakan PCI ataupun AGP. Pastikanlah BUS interface yang ada pada kartu grafis Anda menggunakan jenis terbaru.

Output interface

Selanjutnya ialah output interface ataupun juga koneksi untuk menghubungkan antara kartu grafis dengan layar monitor. Output interface sendiri memiliki beberapa jenis di pasaran, di antaranya ialah VGA (Video Graphics Array), DVI (Digital Video Interface), S-Video, dan juga ada HDMI (High Definition Multimedia Interface). Jenis-jenis output interface ini memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya.

Demikianlah beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki  kartu grafis terbaik untuk PC gaming. Jika Anda ingin bermain dengan sensasi visual dan grafis yang lebih baik lagi. Maka, jangan lupa memilih kartu grafis dengan kualitas terbaik. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk kelancaran saat bermain game lewat PC.

23 comments:

  1. Para Gamers sejati pas baca artikel ini auto check spek PC masing-masing nih...

    ReplyDelete
  2. Teknis banget ini, dari gak paham jadi ada gambaran lah kalau kartu grafis tuh spek-speknya begini begitu :) Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. sy pun awalnya gitu. jd makin paham jg printilan pc

      Delete
  3. Bagi pecinta dunia game, wajib baca ini artikel.. informasi ini sangat membantu untuk kelancaran bermain game lewat PC nih. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Bagi pecinta dunia game, wajib baca ini artikel.. informasi ini sangat membantu untuk kelancaran bermain game lewat PC nih. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Mantaaps mas, bisa buat referensi buatt sayaa nih

    ReplyDelete
  6. Wkwk makasih bnget mas infonya, saya suka sama teknologi, apalagi yang berbau game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bukan mas2 loh sebenarnya. tp makasih kembali sudah mampir

      Delete
  7. Emang paling enak kalo main game itu di PC, selain enak juga lebih nyaman soalnya daripada main di hp. Tapi klo pc nya ngelag mah sama aja bohong ya wkwk. Btw infonya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. terima kasih sudah mampir di blog aku

      Delete
  8. Wah makasih infonya. Ini anakku suka. Karena anak ku suka sama game

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat bagus dan relevan jika dibaca oleh anak milenial zaman sekarang

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Sip min infonya, ada rekomendasi gak pc grafis yang kualitas bagus tapi gak mahal

    ReplyDelete
  12. Wah ada juga ya kartu grafis? Saya mah gaptek atuh tentang isi dari perangkat laptop itu. Hehe makasih kak setidaknya pengetahuan saya nambah­čśů

    ReplyDelete
  13. Kartu grafis juga mempengaruhi di daya listrik kah?

    ReplyDelete
  14. suka banget sama penjelasan nya, menarik dan enak di baca. trimakasi ilmunya tentang kartu grafis

    ReplyDelete
  15. Nah nih manteb, kira2 ada rekomendasi toko yg jual vga card yg nyaman di dompet gak gan? Hehehehe

    ReplyDelete