Tips Memilih RAM Terbaik untuk PC Gaming



Tips untuk Memilih RAM Terbaik untuk PC Gaming. Sebagai penggemar game di perangkat komputer baik online ataupun offline, memori menjadi hal yang penting. Di mana kita lebih mengenalnya dengan istilah RAM atau Random Access Memory. RAM sendiri merupakan tempat untuk menyimpan berbagai memori data secara sementara pada saat komputer berjalan.
Akses RAM sendiri menggunakan sistem acak atau random, yang bertujuan untuk mempercepat proses data PC ataupun komputer. Bagi Anda yang menyukai dunia game, atau bahkan sudah menjadi gamer ulung. Maka, RAM atau memori satu ini menjadi hal terpenting yang wajib untuk dimiliki khususnya dengan kapasitas besar.

Jika semakin besar RAM yang kita gunakan pada PC gaming, maka program maupun aplikasi yang bisa dijalankan pun semakin banyak. Selain itu juga, dengan semakin besar kapasitasnya, maka permainan pun bisa berjalan dengan lebih cepat. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas beberapa tips memilih RAM terbaik untuk PC gaming Anda. Pastikan disimak dengan baik agar game bisa berjalan dengan lancar di PC.

Tips mudah untuk memilih RAM PC gaming
Mengetahui jenis RAM yang digunakan
Tips pertama ialah dengan mengetahui jenis dan juga tipe RAM apa yang Anda gunakan, di mana untuk PC dan juga laptop berbeda. Apabila Anda menggunakan PC gaming, maka pakailah RAM dengan tipe DIMM, maupun LO-DIMM. Ketahui jugalah jenis RAM yang akan Anda pakai, contohnya saja pada socket RAM DDR3/DDR3L sangat berbeda dengan socket RAM tipe DDR4.

Memilih kapasitas yang tepat
Tips lainnya untuk memilih RAM terbaik untuk PC gaming ialah dengan melihat kapasitas yang dimiliki. Pilihlah RAM yang tepat untuk PC dan kebutuhan Anda, minimal kapasitas untuk perangkat komputer sendiri ialah 8GB. Tetapi apabila PC Anda menggunakan Windows 8, maka minimal RAM yang diperlukan ialah 4GB. Kembali lagi, semuanya tergantung kebutuhan dan juga keperluan PC Anda.

Memperhatikan sistem operasi PC
Tidak hanya tipe, jenis, dan juga kapasitas yang dimiliki, tetapi Anda juga harus memperhatikan sistem operasi pada RAM yang digunakan. Untuk PC khusus gaming sendiri biasanya sudah menggunakan sistem operasi Windows terbaru. Akan tetapi, pastikan kembali sistem apa yang digunakan agar tidak salah memilih RAM. Contohnya seperti Windows 7 yang memiliki ultimate 32-bit dengan mendukung hanya untuk RAM berkapasitas 4GB.

Memilih memori dengan heat sink
Berikutnya tips yang juga perlu Anda ketahui ialah ada tidaknya heat sink pada RAM tersebut. Bentuk dari heat sink ini ialah lempengan logam yang sering kali mencuat di bagian atas RAM, fungsinya sendiri ialah untuk menyebarkan panas agar lebih mudah untuk didinginkan. Dengan adanya heat sink ini, RAM pun bisa memiliki performa yang lebih stabil. Tips ini sangat berguna untuk mendapatkan RAM terbaik untuk PC gaming kesayangan Anda.

Memilih merk yang sudah jelas
Tips terakhir yang bisa Anda gunakan ialah dengan memilih merk yang sudah jelas. Anda bisa menggunakan merk populer untuk memastikan RAM memang yang terbaik. Namun, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Sehingga Anda bisa mendapatkan RAM terbaik untuk mendukung PC.

Demikianlah beberapa tips memilih RAM terbaik untuk PC gaming yang bisa Anda gunakan. Jadi, Anda pun bisa memainkan lebih banyak game tanpa adanya hambatan. Tentu dengan RAM yang tepat, permainan bisa semakin lancar tanpa hambatan.

21 comments:

  1. nice post mbak, kebetulan adikku gamer dan sering ngeluh lemot gitu pc nya. Ada rencana mau nambah ram sih cuma masih cari-cari informasi juga.

    ReplyDelete
  2. Infonya manfaat bgt, terutama buat sy yg taunya cuma pake kurang paham soal speknya :)

    ReplyDelete
  3. Infonya manfaat bgt, terutama buat sy yg taunya cuma pake kurang paham soal speknya :)

    ReplyDelete
  4. Wah rupanya disini ada teknisi komputer to wkwk

    Patut di coba agar Pc nggak lelet klo pake ngedit foto atau vidio.

    ReplyDelete
  5. Saya mungkin bukan penggemar game tapi saya pengen banget punya ram yang mumpuni buat ngedit foto dan videonya 😊

    ReplyDelete
  6. dulu pas kuliah S1 saya ambil iT sangat bersahabat dengan barang-barang ini, sekarang sudah lupa-lupa karena dapat kerja malah ga kepakai ilmu IT nya

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat sekali infonya, Mbak. Saya sendiri sih bukan gamer, tapi anak saya suka banget. Bisanyq keluhannya sering lemot. Saya nggak ngerti RAM yqng gimana yang bagus, paling cuma pilih yang merknya udah terkenal aja. Syukur ada info ini biar nggak salah pilih RAM.

    ReplyDelete
  8. wah jadi memilih ram ada triknya ya untuk user pc yang suka main game. terima kasih infonya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Saya pengen punya RAM besar sih biar kalau mau download aplikasi enggak usah ngehapusin yang lain. Hihi, dulu sebelum nikah kadang suka main game, sekarang jarang banget malah.

    ReplyDelete
  10. Info gini penting banget buat suamiku, wkwkwk. Btw meski nggak suka ngegame, RAM yg bagus biar kecepatan tinggi pingin juga. Trims infonya, mba

    ReplyDelete
  11. Betul ya Mbak, merek menentukan harga. Kalau sdh bermerek biasanya harganya tinggi. Tapi kualitas terjamin. Sebenarnya Aku enggak ngerti masalah RAM kayak gini, biasanya suami yg urus beginian.

    ReplyDelete
  12. Wah ilmu baru
    Bisa buat referensi kalau saya mau beli laptop nih
    Laptop sekarang udah uzur dan sering opname
    Semoga ada rezeki beli laptop enew

    ReplyDelete
  13. Yang pasti sesuaikan dengan budget juga ya. Ram ini penting sekali. Jangankan untuk PC game, beli hape untuk sehari2 pun saya sangat mempertimbangkan Ram. Nice tips.

    ReplyDelete
  14. Pemahaman banget ini agar mengerti apa itu RAM biar pas beli nanti nggak salah. Karena RAM ini kunci hidupnya gadget maupun Pc yak

    ReplyDelete
  15. nice post mbak, nambah-nambah ilmu untuk jeli membaca spesifikasi. Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Wah, sy buta kalau soal ini. Hihii
    Nice article.
    Terima kasih ilmunya, mbak.

    ReplyDelete
  17. Makasih infonya mbak Ayu sayang. Sangat bermanfaat nih utk saya yang gaptek haha

    ReplyDelete
  18. Makasi mbak infonya. Saya tuh nggak ngerti lho sial gini-ginian. Jadi kalau mau beli laptop gitu ya ngajak teman yang ngerti. Kalau sekarang sih ada suami yang lebih paham beginian. Jadi lebih aman.

    ReplyDelete
  19. Baru ngerti saya soal ginian. Duh kudet banget. Makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  20. Laptop anakku jenisnya Laptop gaming... RAM nya 64 hardisknya 512gb ssd itu termasuk spek yang bagus nggak ka?

    ReplyDelete
  21. Ini saya teruskan ke anak-anak yang memang suka dengan gaming walau juga berharap jangan jadi pecandu dan tetap ingat akan ibadah

    ReplyDelete